Pemerintah Kota Pasuruan mengadakan sosialisasi Perda penataan, pembangunan dan penggunaan bersama menara telekomunikasi yang bertempat di Malang, Kamis (4/7). Hadir dalam acara sosialisasi ini Walikota Pasuruan, Asisten setda dan Kepala Satker Kota Pasuruan serta stakeholder dari menara telekomunikasi.Dalam kesempatan ini Walikota Pasuruan, H.Hasani memberikan gambaran tentang pembangunan dan penyelenggaraan telekomunikasi di Kota Pasuruan yang telah menunjukkan peningkatan peran penting dan strategis dalam menunjang dan mendorong kegiatan perekonomian, mencerdaskan kehidupan bangsa serta memantapkan ketahanan nasional serta meningkatkan hubungan antar bangsa.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengarahkan kembali penyelenggaraan telekomunikasi.Dikarenakan masih banyaknya operator telekomunikasi seluler yang masing-masing membangun menara telekomunikasinya secara terpisah. Oleh sebab itu dalam sambutan dan arahannya Walikota Pasuruan, H.Hasani mengatakan bahwa apabila hal ini tidak diatur maka akan menyebabkan pertumbuhan menara telekomunikasi yang menyebar atau tidak terkendali. Hal ini pula yang akan menimbulkan dampak negatif, yaitu berkurangnya nilai estetika sebagai daerah kunjungan pariwisata.

Oleh sebab itu H.Hasani juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kota perlu menetapkan pengaturan tentang penataan, pembangunan dan penggunaan bersama menara telekomunikasi ke dalam Peraturan Daerah. Sehigga diharapkan dengan adanya Perda ini akan memberikan manfaat yang besar yaitu kepastian hukum baik bagi pemerintah maupun pelaku usaha sehingga menciptakan efisiensi dan efektifitas

biaya telekomunikasi dan investasi dari pembangunan dan penggunaan menara secara bersama-sama.Dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan jugaadanyafeedbacksehingga akan terjadi diskusi yang pada akhirnya dapat menjadi himbauan dan masukan.(Alam)